Abi Putra A Professional Blogger | With Great Computer Comes Great Responsibility

Cara Aktivasi Windows 10

1 min read

Cara Aktivasi Windows 10

Mau aktivasi Windows 10 di PC atau laptop? Simak berikut cara aktivasi Windows 10 secara legal, aman dan mudah. Bagi kalian pengguna Windows 10 yang wallpaper di desktop laptop-nya tiba-tiba jadi hitam lalu di pojok kanan bawah ada notifikasi Windows version isn’t genuine.

Tenang saja! Kalau kalian mengalami hal barusan, berarti Windows 10 di laptop kalian belum diaktivasi. Pihak Microsoft selalu mewajibkan pengguna produknya untuk mempunyai salinan Windows ataupun Software dari Microsoft yang legal.

Maka dari itu, Mahir Komputer kali ini akan berbagi cara aktivasi Windows 10 permanen dengan mudah dan pastinya legal setelah sebelumnya kalian melakukan install Windows 10.

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Product Key

Berikut cara aktivasi Windows 10 dengan menggunakan lisensi resmi atau product key yang bisa kalian ikuti caranya, tutorial selengkapnya berikut ini:

1. Siapkan Product Key

Pertama kalian siapkan product key atau lisensi resmi dari Windows 10 terlebih dahulu. Untuk bisa mendapatkan lisensi resmi dari Windows 10 ada banyak cara, yang paling mudah dan murah yaitu dengan membeli lisensi jenis Retail.

Lisensi Windows 10 jenis Retail kebanyakan bisa kalian temukan di berbagai marketplace atau situs online shop seperti Tokopedia dan Shopee. Harganya lumayan murah, sekitar 100 ribuan.

PENTING: Saat membeli lisensi resmi Windows 10, pastikan kamu tidak salah beli jenis lisensi. Misalnya laptop kamu menggunakan Windows 10 Home, jangan beli yang lisensi Windows 10 Pro, tapi beli lisensi Windows 10 Home. Jangan sampai salah beli.

Kalau kalian masih bingung memilih antara Windows versi Pro atau versi Home, bisa kalian baca artikel mengenai perbedaan Windows 10 Pro dan Home di internet.

2. Aktivasi Windows

Jika product key atau lisensi Windows 10 sudah kalian dapatkan, tinggal ikuti saja tutorial cara aktivasi Windows 10 dengan product key atau lisensi resmi berikut ini.

  • Pertama, kalian klik tombol Windows dibagian pojok kiri layar atau bisa tekan tombol Windows di keyboard kamu.
Klik Tombol Windows
Klik Tombol Windows
  • Selanjutnya kalian masuk kebagian menu Settings dengan mengklik icon yang berbentuk seperti gerigi.
Pilih Setting
Pilih Setting
  • Setelah sudah masuk ke dalam menu Settings, pilihlah bagian Update & Security.
Pilih Update & Security
Pilih Update & Security
  • Selanjutnya setelah masuk ke Settings bagian Update & Security, kalian pilih bagian Activation seperti di bawah ini.
Pilih Activation
Pilih Activation
  • Kalian bisa lihat versi Windows yang sudah terinstall di laptop (dalam gambar adalah Windows 10 Pro), cari tulisan Change Product Key yang sebelahnya ada icon Kunci, kemudian kalian klik bagian tersebut.
  • Salin product key Windows 10 yang sudah kalian dapat lalu tempel atau paste-kan ke kolom kosong di bawah tulisan Product key seperti di gambar bawah ini, kemudian klik Next.
Masukan Product Key
Masukan Product Key
  • Kalian tunggu beberapa saat untuk proses aktivasinya, serta pastikanlah laptop atau komputer kalian terkoneksi dengan internet untuk validasi lisensi yang sudah dimasukan tadi. Setelah proses validasi dan aktivasi lisensi resmi selesai, nanti muncul tulisan Windows is activated seperti di bawah ini.
Aktivasi Windows Berhasil
Aktivasi Windows Berhasil

Selamat Windows 10 di laptop atau komputer kalian telah berhasil di aktivasi dengan product key atau lisesnsi resmi. Cara aktivasi Windows 10 di atas berlaku untuk semua versi Windows 10, baik versi Pro, Home, Enterprise ataupun Education.

Ohiya, kalau kalian ingin mematikan fitur update otomatis dari Windows 10, kalian bisa baca Cara Mematikan Update Windows 10.

Dan jika kalian mengalami kendala atau masalah saat melakukan cara di atas atau ada cara aktivasi dengan lisensi resmi yang lebih mudah, bisa kalian tulis di kolom komentar bawah ya. Terima kasih.

Bagikan:
Abi Putra A Professional Blogger | With Great Computer Comes Great Responsibility

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *