Abi Putra A Professional Blogger | With Great Computer Comes Great Responsibility

Apa Itu Printer?

2 min read

Apa Itu Printer

Mungkin bagi kalian yang kerja kantoran pasti sudah terbiasa dengan yang namanya printer. Baik untuk proses mencetak dokumen atau bahkan ada yang buat scan dokumen untuk di masukan ke komputer.

Tapi, apa sih sebenarnya printer itu? Terus apa fungsinya dan apa saja jenis-jenis printer? Berikut Sobat Mahir akan kami terangkan mengenai hal tersebut.

Pengertian Printer

Printer adalah sebuah perangkat eksternal komputer yang bisa menampilkan data komputer dalam bentuk hasil cetakan, data tersebut bisa berupa teks ataupun gambar yang dicetak kedalam media kertas, kain atau yang lainnya. Ya bisa juga dianggap sebagai perangkat elektromekanik yang mampu mengubah data digital berupa teks atau gambar menjadi bentuk fisik.

Printer mulai ditemukan pada abad 19. Pada awalnya sistem kerja printer masih memakai sistem mekanik dan sekitar pada tahun 1968 ada sebuah perusahaan elektronik dari jepang yaitu Epson yang memperkenalkan printer yang kerjanya secara elektronik.

Fungsi Printer

Fungsi printer adalah sebagai perangkat untuk mencetak data digital yang telah diproses oleh komputer ke bentuk fisik. Sekarang ini dengan banyaknya perkembangan teknologi seputar printer, fungsi printer tidak cuma hanya sebagai mesin cetak, tapi juga bisa dipakai untuk men-scan dokumen atau foto/gambar serta ada juga yang digunakan sebagai mesin fotokopi.

Nah, Sobat Mahir sejauh ini pasti sudah paham apa itu printer dan fungsi printer untuk apa, sekarang kita bahas apa saja jenis-jenis printer.

Jenis Printer

Ada sekitar 6 jenis printer yang Mahir Komputer ketahui, berikut ulasannya.

Printer Dot-Matrix

Printer Dot Matrix adalah printer yang memakai pita sebagai alat percetakan. Karena memakai pita untuk menampilkan output ke kertas, maka hasil dengan printer dot matrix agak kasar dan kurang bagus. Jenis printer ini bisa kalian temukan di meja kasir toko ataupun supermarket. Contohnya printer jenis ini adalah Printer Epson LQ-2190 dan Epson LX-300.

Printer Ink Jet

Printer Ink Jet adalah printer yang memakai tinta untuk mencetak. Inkjet yang tersedia di pasaran sekarang ini mempunyai kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar serta dengan kualitas hasil yang sangat baik. Contoh printer jenis ini adalah Printer Canon iP2770, 2772, 2700, Canon MP258, Epson L200, dan HP F2476 yang banyak sekali penggunanya.

Printer Laser

Printer Laser adalah printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta bubuk atau yang biasa di sebut dengan toner dan menggunakan perangkat infra merah.

Selain hasil cetaknya lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot matrix ataupun ink jet, printer laser juga mempunyai kecepatan cetak yang tinggi dan hasil cetaknya pun lebih cepat kering seperti hasil cetak pada mesin fotokopi. Contoh dari printer jenis ini adalah Printer Canon MP258, Epson L200, dan HP F2476.

Printer Thermal

Printer thermal adalah jenis printer yang proses cetaknya dengan memakai teknologi pemanas untuk mengaktifkan tinta alias memanaskan kertas untuk mencetak. Printer thermal lebih efisien dan ekonomis jika dibandingkan dengan printer dot matrik. Disamping itu printer thermal juga gak memakan banyak ruang, jadi gak memerlukan perawatan khusus. Contoh printer thermal sendiri seperti Printer Bluetooth yang biasa ada di kasir-kasir toko atau supermarket.

Printer 3D

Printer 3D adalah printer yang digunakan untuk membuat benda 3 dimensi dari file digital. Penciptaan objek cetak 3D didapat melalui proses aditif. Dalam proses pencetakan secara aditif, sebuah objek nantinya dibuat dengan meletakkan lapisan tipis secara berurutan sampai objek tersebut membentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Masing-masing lapisan ini sendiri dapat dilihat sebagai potongan melintang horizontal yang teriris tipis tipis dari objek yang akhirnya membentuk sebuah objek benda 3 dimensi. Contoh printer 3D adalah Anet A8 DIY 3D Printer, ANYCUBIC 3D Printer MEGA i3, dan Creality 3D CR-10 DIY 3D Printer Kit.

Printer Multifungsi

Printer Multifungsi adalah printer yang tidak hanya memiliki fungsi untuk mencetak, tapi juga bisa untuk menscan, melakukan fax, bahkan fotokopi. Pada dasarnya printer ini sama dengan printer Inkjet, cuma fiturnya dan fungsinya yang lebih banyak dari printer biasanya. Contoh dari printer jenis ini adalah Printer Epson L3110, Printer HP 2676, Printer HP DeskJet 2135, dan Printer Canon Pixma MG2570S.

Gimana? Sudah pahamkan sekarang apa itu printer dan jenis-jenisnya? Jika kalian ada tambahan lain seputar printer, bisa kalian tulis aja di kolom komentar bawah ya. Terima Kasih.

Bagikan:
Abi Putra A Professional Blogger | With Great Computer Comes Great Responsibility

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *