Abi Putra A Professional Blogger | With Great Computer Comes Great Responsibility

Apa Itu Processor?

4 min read

Apa Itu Processor

Sobat Mahir pasti sudah sering dengar kata Processor, entah pas baca di brosur spesifikasi komputer ataupun pas baca-baca di internet.

Nah, tapi apasih sebenarnya Processor itu? Apakah bener sesuai dengan yang dikatakan orang kalo Processor itu otaknya komputer? Untuk lebih jelasnya, berikut Mahir Komputer akan bahas mengenai apa itu Processor.

Pengertian Processor

Processor adalah sebuah komponen penting dalam komputer yang fungsinya memproses data dan mengontrol sistem yang ada di komputer. Yah bisa dibilang Processor adalah otak dari komputer. Singkatnya, kerjaannya Processor itu melakukan perhitungan dan menjalankan tugas yang diperintahkan oleh pengguna komputernya.

Processor seperti sebuah mesin, yang mana kinerjanya dalam PC atau komputer dibantu oleh komponen lainnya seperti mainboard, RAM, dan yang lainnya.

Processor letaknya ada di motherboard, ada socket khusus yang disediakan untuk processor. Processor di komputer bisa diganti dengan jenis yang lain asalkan harus sesuai dengan socket yang ada di motherboard komputernya. Ibaratnya seperti colokan kabel, kalo colokan kabelnya beda dengan tempat colokannya, ya gak akan bisa nyolok atau nge-trap apalagi berfungsi.

Fungsi Processor

Seperti yang udah dijelasin di pengertian tadi, fungsi dari Processor sendiri intinya adalah untuk memproses data. Singkatnya, prosesor mengelola sebuah data yang dimasukan oleh pengguna komputer di bagian input lalu datanya di proses oleh Processor dan menghasilkan data keluaran melalui output.

Perlu kalian ketahui, prosesor bekerja dengan bantuan dari komponen lain yang paling tidak punya kecepatan yang sama atau bisa mengimbangi kinerja prosesor tersebut. Salah satu komponen pendukung yang dibutuhkan oleh prosesor ialah RAM. Untuk tahu apa itu RAM, kalian bisa baca mengenai: Apa Itu RAM.

Bagian-Bagian Prosesor

Prosesor punya masing-masing bagian yang membuatnya mampu menghindari terjadinya penumpukan data saat komputer beroperasi dengan memakai rumus perhitungan yang sangat kompleks dan akurat juga.

Kalo ada bagian dari prosesor yang bermasalah, prosesor akan mengalami kendala atau bahkan berhenti saat bekerja.

Ada 3 bagian terpenting dari prosesor yaitu ALU, CU, dan MU. Berikut penjelasan mengenai ketiga bagian itu.

  • Aritmatik Logical Unit atau ALU adalah bagian dari prosesor tugasnya melakukan penghitungan aritmatika yang berjalan sesuai dengan intruksi kode program. ALU letaknya di bagian dalam prosesor.
  • Control Unit atau CU adalah bagian prosesor yang memiliki peran untuk mengendalikan proses di dalam prosesor. Jadi peran dan tugas CU adalah mengurus kegiatan input dan output.
  • Memory Unit atau MU adalah bagian dari prosesor yang menjadi alat penyimpanan kecil tetapi mempunyai kecepatan akses yang tinggi.

Jadi, pada prosesor ketiga bagian tersebut sangatlah penting, jika salah satu bermasalah maka bermasalah pula kinerja keseluruhan bagian prosesor yang lainnya alias terkendala proses kerjanya.

Cara Kerja Prosesor

Prosesor mampu kerja dengan kecepatan mencapai 400 GHz (Gigahertz) yang artinya adalah mampu menjalankan sebanyak kurang lebih 4000 miliar perintah dalam sekali proses atau bekerja. Keren kan? Nah, kemampuan inilah yang mesti diperhatiin kalo mau ngerakit komputer atau PC.

Cara kerja prosesor sendiri menjalankan sekumpulan intruksi mesin yang memberitahunya melakukan apa saja yang harus dikerjakan, berdasarkan instruksi tersebut, processor melakukan 3 hal dasar yaitu:

  • Pertama, memakai ALU alias Arithmetic Logic Unit untuk melakukan operasi matematis kayak misalnya pengurangan, penambahan, perkalian terus pembagian juga. Mikro processor modern mengandung floating point unit yang bisa melakukan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka yang lumayan besar.
  • Kedua, memindahkan data dari satu lokasi penyimpanan atau memori ke lokasi penyimpanan yang lainnya.
  • Dan yang ketiga, pengambil keputusan atas apa yang akan dikerjakan komputer dan juga mampu melompat ke instruksi lain sesuai keputusan prosesor.

Gampangannya gini, prosesor menerima umpan atau perintah masuk alias input entah dari keybord, mouse, ataupun alat penginput data lainnya yang terhubung dengan komputer atau perangkat, kemudian menerjemahkannya dan memproses data-data perintah tersebut untuk dikeluarkan outputnya ke hardware ataupun software yang terkait proses input awal tadi.

Jika ALU tidak berjalan atau berfungsi dengan baik, maka kerja komputer akan terhambat atau malah tidak bisa bekerja sama sekali. Begitu juga ketiga 2 hal dasar lain di atas selain proses di ALU jika tidak berjalan dengan baik maka kerja processor bahkan komputernya juga akan mengalami kendala, masalah atau tidak bekerja sama sekali.

Sejarah Prosesor

Prosesor pada saat awal dibuat disebut sebagai mikroprocessor dan dibuat oleh para teknisi perusahaan Intel di Tahun 1971.

Teknisi tersebut adalah Ted Hoff, Federico Faggin, dan Stan Mazor. Chip prosessor yang pertama kali dibuat itu kemudian diberi nama Intel 4004.

Tiga tahun setelahnya pembuatan Intel 4004, tepatnya pada Tahun 1974, Intel membuat prosesor yang baru yaitu 8-bit 8080 dengan 4.500 transisitor sepuluh kali lebih cepat dari Intel 4004. Hingga kemudian terobosan baru rilis lagi 6 tahun setelahnya.

Kemudian pada tahun 1980, Intel kembali memperkenalkan prosesor terbaru mereka yakni 8087 co-processor. Pada tahun 80-an ini pula beberapa perusahaan pembuat processor mulai bermunculan bersaing dengan Intel seperti AMD dan Cyrix.

Tapi sampai saat ini yang masih diatas awan sebagai perusahaan pengembang prosesor adalah Intel dan AMD. Processor pertama yang dibuat AMD adalah AMD 8086, sedangkan untuk Cyrix adalah Processor Cyrix FasMath.

Dan sampai sekarang perkembangan dan produksi processor masih terus berlanjut, yang terbaru dari perusahaan Intel sudah ada Intel Core 9 Generasi ke-10, sedangkan AMD ada Processor AMD Ryzen, EPYC dan Threadripper.

Jenis-Jenis Processor

Ada banyak jenis-jenis processor, tidak hanya cuma satu jenis processor. Berikut jenis-jenis processor.

1. Intel Processor

Intel processor merupakan processor yang sudah banyak diketahui oleh banyak pengguna komputer. Processor ini dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan Intel Corporation. Contoh prosesornya: Intel Pentium D, Intel Core 2 Quad, Intel Quad Core Xeon, Intel Core i7, i5 dan i3.

2. AMD Processor

Processor ini dibuat oleh perusahaan bernama AMD atau Advanced Micro Devices yang merupakan saingat terberat Intel dalam hal penjualan dan pengembangan processor. Contoh prosesor buatan AMD: AMD Athlon II X2 255, AMD Phenom II X4 970 dan AMD Phenom II X6 1100T.

3. Cyrix Processor

Prosesor yang hampir menyamai Intel dan AMD ini diproduksi oleh perusahaan bernama sama Cyrix Corporation. Tapi pada tahun 1999 perusahaan Cyrix pindah tangan dan diakuisi oleh VIA. Contoh prosesor dari Cyrix: Cyrix MII, Cyrix MediaGX, dan Cyrix MII-433GP.

4. ARM Processor

Processor ARM atau Advanced RISC Machines adalah prosesor yang biasanya dipakai oleh iPhone, iPad dan kebanyakan Android. Dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan ARM Holdings. Contoh prosesor buatan ARM yaitu ARM Cortex A8 dan ARM cortex A9.

5. Apple Processor

Dari namanya saja kalian pasti sudah bakal tahu kalau processor ini dibuat oleh perusahaan Apple Inc. Processor ini banyak ditemukan pada smartphone atau gadget buatan perusahaan Apple Inc. Contoh prosesornya: Apple SOS, Apple ProDOS, dan MaCintosh.

6. IBM Processor

Processor ini dibuat dan dikembangkan oleh perusahan bernama International Bussiness Machines Corporation atau yang biasa disingkat IBM. Prosesor dari IBM contohnya: Pentium II Xeon, IBM POWER6, dan IBM POWER7.

7. Transmeta Processor

Prosesor ini diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan semikonduktor fabless dari Amerika yang terletak di California yaitu Transmeta Corporation. Contoh prosesor dari Transmeta adalah Processor Crusoe dan Efficeon.

8. VIA

VIA Processor adalah prosesor yang diproduksi serta dikembangkan oleh perusahaan dari Taiwan yang bernama VIA Technologies. Selain memproduksi processor, VIA Technologies juga memproduksi motherboard dan CPU. Prosesor dari VIA contonya: VIA PV530 Processor, VIA Nano Processor, dan VIA Nano X2 Processor.

9. WinChip IDT Processor

Processor yang bisa dibilang harganya lebih murah dibandingkan merek lain ini, diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan bernama Integratetd Device Technology atau biasa disingkat IDT. Untuk prosesor IDT contohnya: WinChip 2A, WinChip 2B, dan WinChip 3.

Nah, gimana? Sekarang sudah paham kan apa itu processor, pengertiannya, fungsinya, cara kerjanya, sejarahnya sampai dengan jenis-jenisnya. Jika kalian ada tambahan lain seputar prosesor, bisa kalian tulis aja di kolom komentar bawah ya. Terima Kasih.

Bagikan:
Abi Putra A Professional Blogger | With Great Computer Comes Great Responsibility

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *